google

 

Hampir sebulanan sudah saya bersama murid-murid kecil. Seperti biasa tiap jam istirahat saya selalu menyempatkan diri untuk menemani dan bahkan untuk sekedar ikut bermain bersama mereka.  Menyenangkan saat bersama mereka, rasanya stress dan beban yang saya bawa dari rumah terbayar ketika melihat mereka tertawa.

Bersama mereka saya belajar banyak hal salah satunya tentang berteman. Kita manusia dewasa lebih banyak syarat untuk berteman, tapi tidak dengan anak-anak, mereka tidak butuh banyak syarat untuk berteman asal bisa diajak main dan seru-seruan pasti jadi temannya.

Belum lagi kalau sudah masalah berantem, kayaknya kita yang dewasa perlu belajar sama anak-anak. Lihat saja anak-anak meskipun barusan habis berantem dan dibikin nangis oleh temannya, nggak sampai lima menit pasti mereka sudah terlihat bermain kembali dan bercanda seperti biasa. Berbeda dengan kita orang dewasa, kalau sudah berantem  dan nggak cocok dengan temannya bisa-bisa semingguan nggak nyapa atau bahkan nggak temenan lagi.

 

Lihatlah anak-anak betapa cepatnya mereka memaafkan orang lain, dan tidak pernah mengajukan syarat apa pun untuk berteman