Mumpung weekend nulis sesuatu yang agak berat ah. Hmmm kali ini mau bahas tentang Sibling Rivalry alias permusuhan antar saudara. Pasti dong kita pernah yang namanya iri atau sebel sama sikap ortu karena sering mengebedain atau membanding-bandingkan kita dengan kakak atau adik, atau kadang suka merasa bahwa orang tua lebih sayang sama adik atau kakak? Inilah yang disebut awal dari permusuhan dan ketika orang tua tidak aware serta menjelaskan pada anak, hal ini bisa menjadi sesuatu yang sangat serius. Karena permusuhan yang terus dipupuk tanpa ada yang menengahi membuat masalah ini akan terbawa sampai dewasa. Pada masa remaja yang biasa terjadi adalah biasanya rebutan pacar, saling menjelek-jelekkan dan beberapa kasus ekstrim, yaitu pembunuhan terhadap saudara kandung.
Beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk bisa meminimalisir efek dari ini:
1. Ketika akan muncul anggota baru, anak yang lebih dewasa harus diberi tahu atau bahkan diajak serta untuk ikut mempersiapkan anggota baru.
2.Ketika anggota baru muncul, jangan serta merta memberikan seluruh perhatian ke anggota baru, ajaklah anak yang dewasa, dan ajarkan pada dia bahwa anggota baru ini adalah saudaranya
3. Jangan terlalu menuntut anak yang lebih dewasa untuk mandiri, atau berbuat baik pada adiknya. Bagaimana pun juga anak itu butuh untuk dlindungi seperti layaknya anggota baru.
4. Jangan pernah memaksa anak yang lebih tua untuk berbagi mainan dengan adiknya karena anak merasa tidak adil.
5. Jangan pernah membanding-bandingkan anak, atau bahkan memuji satu anak dihadapan anak yang lain.
Smoga beberapa tips bisa berguna🙂